Kamu Harus Bagaimana Saat Orang Tercinta Terjerumus Jalan yang Salah?

Kamu memang mencintai dia, menyayanginya sepenuh hatimu dan kalian telah menikmati hari-hari indah bersama. Tapi hidup ini adalah pilihan-pilihan dan sebagai orang dewasa dia memilih jalan hidupnya sendiri. Sayangnya jalan yang dipilihnya adalah jalan yang salah, seperti terjebak dalam pergaulan yang salah sehingga kecanduan narkoba, menjadi anggota begal motor atau malah ikut sekte agama yang menyimpang.




Apa yang harus kamu lakukan?

Sebagai orang terkasih kamu tak mungkin diam saja bukan? Berikut ini langkah-langkah yang harus kamu lakukan. Camkan hal-hal di bawah ini dalam pikiranmu bahwa :

(1) Kamu tak bertanggung jawab pada pilihan yang telah dipilihnya
  • Yakinkan dirimu bahwa dia adalah orang dewasa yang tahu membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, mana yang benar dan mana yang salah. Dan dia sadar sepenuhnya pada apa yang telah dipilihnya. Jika dia memilih jalan yang salah, menyakiti diri, keluarga dan terlibat dalam kegiatan kriminal itu adalah sepenuhnya tanggung jawabnya. Tugasmu sebagai orang terkasih hanya sebatas mengingatkan, itu saja. Tak perlu sedih, galau apalagi menyalahkan diri sendiri.
(2) Kamu tak bisa mengubahnya, sekeras apapun niatmu
  • Jika kamu pikir mau mengubahnya, urungkan niatmu sebelum kamu merasa frustrasi. Tidak ada seorang pun yang bisa mengubah orang lain, kecuali dirinya sendiri ingin berubah. Sekeras apapun kamu mencoba, dia adalah dirinya dan jalan dengan apa yang diinginkannya.
(3) Kamu boleh terus berharap dia berubah
  • Harapan itu selalu ada. Hanya orang mati yang putus harapan. Kamu tak boleh putus harapan, itu betul. Selalu ada jalan untuk kembali bagi mereka yang tersesat. Buatlah harapan sewajarnya. Jangan membebani diri dengan harapan muluk yang tak bisa dia penuhi.
(4) Kamu harus menetapkan batas aman untuk melindungi dirimu
  • Apa yang dimaksud dengan batas aman? Batas aman adalah tempat di mana tanggung jawabmu berakhir dan beralih menjadi tanggung jawab orang lain. Batasan ini mencegahmu untuk mencoba menyelematkan seseorang dari tindakan destruktif yang dilakukannya, yang harus mereka alami dalam proses tumbuh kembangnya. Pengalaman itu akan mendewasakannya.
(5) Terus berdoa untuknya agar dia senantiasa ditunjukkan jalan yang benar
  • Orang bodoh adalah orang yang jatuh dalam kubangan yang sama kedua kalinya, artinya dia tidak belajar dari kesalahan yang dibuatnya di masa lalu. Kamu tidak bisa mengubahnya dan menariknya jika ia memang tak ingin ditarik dan diubah. Yang bisa kamu lakukan adalah berdoa untuk kebaikannya.
(6) Kamu harus menentukan sikap
  • Apakah kamu ingin terus bersamanya, mendampinginya dalam setiap tindakan salah yang dilakukannya dan siap menerima konsekuensi terburuk yaitu kehilangan dirinya baik oleh kematian maupun penjara, juga siap untuk menjaga diri dari pengaruh buruk yang mungkin diberikannya padamu.
  • Atau memilih meninggalkannya, bukan karena benci dan tidak cinta lagi padanya. Tapi untuk kebaikan kalian berdua. Tidak ada yang bisa kamu harapkan dari dia. Begitu pula dia merasa sudah tak sejalan dan seide lagi denganmu, maka perpisahan adalah pilihan sulit yang harus diambil.
Itulah 6 tips apa yang harus kamu lakukan jika orang tercinta terjerumus ke jalan yang salah.

Comments

Popular posts from this blog

Lagu Move on " I'll Be Over You - TOTO

Bagaimana Sikapmu Saat Nembak Cewek, Dia Bilang "Kita Temenan Aja?"

Mengapa Ada Orang Yang Suka Gonta Ganti Pacar?