Mengapa Cinta Bisa Menyakitkan?

CINTA adalah kata yang bermakna

  • Saya seringkali mendengar dari beberapa orang bahwa tidaklah mudah bagi mereka untuk jatuh cinta dan berkata I LOVE YOU pada sembarang orang. Karena cinta membuat intensitas hubungan dengan seseorang jadi berubah. Yang tadinya kita sendirian, tiba-tiba menjadi berdua, misalnya.
  • Betul, kata cinta itu adalah sesuatu yang bermakna dan tidak bisa dipandang enteng. Sesekali seseorang mengucap cinta ada tanggung jawab mengikut di dalamnya. Tanggung jawab itu adalah kesediaan untuk memperhatikan, memprioritaskan seseorang dalam hidup kita. Tidak bisa hanya ucapan cinta yang menggebu tapi tindakan kita malah mengacuhkan dan tak memperdulikannya. (baca : banyak orang tak paham arti cinta)
  • Mereka yang memandang enteng ucapan cinta yang keluar dari mulutnya patut dipertanyakan motifnya mengapa dia mengatakan cinta. Seolah-olah dia sudah terlalu sering mengucapkannya, kata-kata itu sudah terlalu sering diobralnya sehingga jadi kehilangan makna.


CINTA adalah perasaan yang begitu kuat

  • Cinta adalah perasaan yang begitu kuat mengikat kita, sehingga kadang menyebabkan rasa sakit yang tak bisa disembuhkan sekejap mata. Cinta itu menyakitkan saat : (1) Hati sudah tak sejalan, (2) kepercayaan di khianati, (3) tak ada lagi penghargaan, (4) rasa cinta menguap entah kemana.
  • Mengapa semua itu menyakitkan bagi kita? 
(1) Karena kita tak siap.
  • Karena kita adalah manusia biasa, tak ada yang membuat kita siap menerima perasaan yang begitu kuat ini, karena dia datang begitu saja, mengisi ruang hati kita yang kosong, bahkan saat kita tak mengundangnya pula. Sehingga saat cinta menyakiti kita pun tak siap menerimanya.
(2) Karena cinta memerangkap kita
  • Cinta menciptakan perasaan yang meluap-luap yang memerangkap dan membuat kita sangat protektif pada perasaan cinta itu. Kita ingin membuatnya menjadi kisah cinta sempurna, layaknya di dongeng-dongeng dan kisah cinta klasik. Tapi kenyataannya cinta tak bisa selalu indah dan sempurna seperti harapan kita itu.
(3) Karena usaha kita untuk selalu membuat cinta membara
  • Orang yang bercinta selalu berusaha agar bara api cintanya terus membara. Tapi kenyataannya bara api itu bisa juga padam dan meninggalkan perasaan hampa di hati.
(4) Karena cinta tak selalu berbalas
  • Inilah yang paling menyakitkan dari cinta, saat harus menerima kenyataan bahwa cinta hanya bertepuk sebelah tangan, tak berbalas. Saat perasaan begitu kuat dan begitu mendalam pada diri seseorang, tapi ternyata dia tak memiliki perasaan yang sama. Hal itu sangat menyakitkan dan membuat kita merasa kalah.
Tapi sesakit apapun yang disebabkan oleh cinta, tak pernah menghentikan dan menyurutkan seseorang untuk jatuh cinta. Karena cinta memang tak dapat diprediksi, tak perlu diundang, tak perlu diminta. Karena datangnya tiba-tiba. Selamat menikmati cinta, meski menyakitkan, tapi hidup tanpa cinta itu menyakitkan juga. Baca juga hal-hal meyakitkan tentang cinta.

Comments

Popular posts from this blog

Lagu Move on " I'll Be Over You - TOTO

Bagaimana Sikapmu Saat Nembak Cewek, Dia Bilang "Kita Temenan Aja?"

Mengapa Ada Orang Yang Suka Gonta Ganti Pacar?