Bertengkar Dengan Kekasih, Bagaimana Menyelesaikannya?

Hubungan yang sehat sesekali dihiasi pertengkaran.

  • Mungkin kamu bertanya-tanya apakah wajar pasangan yang saling mengasihi kok saling bertengkar, bukannya harus saling sayang selamanya? Karena kedua pasangan tetap manusia biasa yang punya kelemahan. Karena mereka toh dua pribadi yang berbeda yang berusaha untuk menyatu. 
  • Bertengkar adalah hal yang wajar dalam sebuah hubungan. Bukannya mereka gak saling sayang. Justru bertengkar itu lebih sehat daripada diam-diaman tapi saling menyakiti. Baca : mengapa bertengkar dalam hubungan cinta itu bagus?
  • Pertengkaran terjadi biasanya jika ada perbedaan pendapat diantara keduanya yang gak menemukan titik temu. Yang jadi masalah bukan bertengkarnya, tapi setelah pertengkaran mereda, apa yang harus dilakukan biar hubungan bisa balik seperti sedia kala?


Bagaimana menyelesaikan masalah saat bertengkar?

(1) Jangan mencari kemenangan.
  • Ada sejumlah orang yang menganggap pertengkaran itu bak perang, harus ada pihak yang menang dan pihak yang kalah. Sehingga saat pertengkaran terjadi berusaha sekuat tenaga agar bisa mengalahkan pasangannya. Begitu dia menang, hatinya toh tetap sakit, karena menyakiti hati orang yang disayanginya.
  • Jika pertengkaran tak terhindarkan fokuslah pada masalahnya bukan pada pribadinya. Sehingga kalian tetap menjadi satu tim untuk melawan masalah tersebut dan bukannya saling melawan satu sama lain. Kalian vs masalah, bukan kamu vs dia.
  • Kalo kamu mencari kemenangan maka kamu tak akan berhenti bertengkar sampai ada salah satu yang kalah. Kalo begini, pertengkaran takkan pernah bisa diselesaikan

(2) Cobalah memahaminya.
  • Kalo kalian tidak bisa menjadi satu tim saat bertengkar, cobalah memahaminya, cari tahu mengapa dia marah dan memulai pertengkaran. Kalo dia merasa kamu terlalu banyak menghabiskan waktu bersama teman-temanmu, mungkin dia rindu sama kamu, mungkin selama ini kamu kurang perhatian padanya dan terlalu sibuk kongkow-kongkow dengan sohib cowokmu.
  • Daripada lanjut bertengkar, cobalah pahami kecemasannya, kalo perlu peluk dia dan katakan bahwa hubungan kalian tetap menjadi prioritas bagimu dan dia selalu nomor satu di hatimu. Mungkin kamu memang harus menyediakan waktu berdua untuk meyakinkannya.

(3) Jangan jadi brengsek.
  • Pertengkaran memang menyakitkan tapi tetaplah baik padanya, kamu masih menyukainya kan? Jangan jadi brengsek dengan bersikap buruk apalagi sampai berbuat kasar padanya. Kontrol diri harus ada. Pertengkaran bukan akhir dari segalanya. Pertengkaran adalah tanda bahwa ada yang sa;ah dalam hubungan kamu yang butuh perbaikan segera.
  • Cobalah berdiskusi masalah apa yang menyebabkan pertengkaran terjadi. Fokus ke situ dan temukan solusinya. Jangan saling menyalahkan, karena tidak ada pihak yang salah dan tak ada yang benar. Kalaupun ada, sekarang bukan saatnya untuk melontarkan tuduhan. Cobalah selesaikan masalah dengan kepala dingin. Saling menyalahkan akan membuat amsalah tambah runyam.
Itulah 3 hal yang harus diperhatikan untuk menyelesaikan masalah saat bertengkar.

Salam...

Comments

Popular posts from this blog

Lagu Move on " I'll Be Over You - TOTO

Bagaimana Sikapmu Saat Nembak Cewek, Dia Bilang "Kita Temenan Aja?"

Mengapa Ada Orang Yang Suka Gonta Ganti Pacar?