Cinta Vs Nafsu

Sebelumnya kita sudah membahas Apa beda Cinta, Nafsu, Suka dan terobsesi? Kali ini kita khusus membahas cinta versus nafsu saja. Agar kita lebih bisa mendeteksi secara mendalam apa seseorang benar-benar mencintai kita aray hanya sekedar nafsu sesaat belaka. Begitu juga kita bisa mengetahui dengan jelas apakah kita betul-betul jatuh cinta pada seseorang atau hanya karena nafsu dan gairah semata.

Cinta Vs Nafsu

Cinta versus Nafsu


  1. Cinta itu selalu memberi. Memberi perhatian, kasih sayang, pelukan sayang yang tulus. Memberi tak harap kembali. Nafsu selalu memanfaatkan. Memberi perhatian, kasih sayang, pelukan karena ada maunya. Agar mudah menaklukkannya, kemudian mengontrol agar bisa mendapatkan keinginannya.
  2. Cinta itu perasaan yang sangat pribadi. Yang dirasakan oleh seseorang terasa begitu indahnya. Sementara nafsu memandang seseorang sebagai objek pemuas keinginannya belaka.
  3. Cinta itu jujur, tampil apa adanya, tiba-tiba datang begitu saja merasuk ke dalam jiwa tanpa disadari. Nafsu terbangkit oleh rangsangan yang ditimbulkan saat melihatnya.
  4. Cinta itu sanggup menunggu. Menunggu seseorang dengan sabar, menanti dirinya siap menerima cintamu. Nafsu tak sabaran karena harus segera dipuaskan. Jika tidak memperoleh keinginannya dengan segera berubah haluan.
  5. Cinta itu sanggup berkorban. Bahkan ada yang rela mati demi kekasihnya. Sementara nafsu meminta balasan atas setiap pengorbanannya. Jika tidak mendapat apa-apa dia tidak sudi berkorban. 
  6. Cinta itu selamanya. Cinta yang merasuk dalam hati membuat kita ingin hidup bersama dengan dirinya selamanya. Pencarian kita terhenti padanya. Sementara nafsu itu bersifat sementara. Jika dia masih menarik  dan menguntungkan kita mau bersamanya. Kalau sudah bosan dengan mudah kita membuangnya.
  7. Cinta itu bebas memilih. Membebaskan orang dicintai untuk menentukan pilihannya tanpa berusaha mengontrolnya atas nama cinta. Nafsu tidak membolehkan seseorang memilih apapun karena hidup pasangannya dia yang kontrol. Dia tak segan-segan melakukan kekerasan jika ditentang.
  8. Cinta itu bersimpati. Menerima kekurangan dan mengakui kelebihan pasangan. Nafsu itu suka mengkritik. Tidak ada yang sempurna terlihat pada pasangan.
  9. Cinta itu setia. Patuh pada komitmen yang telah disepakati bersama, saling menghargai. Nafsu itu tidak setia dan suka selingkuh, yang penting dia terpuaskan, tak perduli orang menderita karenanya.
  10. Cinta itu komit. Sepakat menerima ketidaksempurnaan pasangan dan saling menyempurnakan. Sementara nafsu itu bebas dan tidak terikat pada pasangan sama sekali.
  11. Cinta itu murah hati, sementara nafsu itu egois.
  12. Cinta itu membangun komunikasi sementara nafsu suka memanipulasi dan menipu demi kepentingannya.
  13. Cinta itu dalam, datang dari lubuk hati yang paling dalam. Sementara nafsu itu dangkal. Hanya datang dari pandangan mata ke organ genital.
  14. Cinta itu responsif atas kebutuhan pasangan. Sementara nafsu itu tidak sensitif atau tidak peka atas kebutuhan pasangan.
  15. Cinta murni datang dari lubuk perasaan terdalam. Sementara nafsu tidak murni, tergantung dari rangsangan dan kepuasan yang dirasakannya.
  16. Cinta itu saling mengerti pasangan. Nafsu itu selalu meminta tanpa pernah mau memberi, kecuali ada embel-embel.
  17. Cinta itu saling membaiki. Nafsu itu saling membabi buta.
  18. Cinta itu saling menghargai. Nafsu saling mengintimidasi pasangan.
  19. Cinta itu saling memperhatikan. Nafsu itu tidak pedulian dan acuh tak acuh.
  20. Cinta menerima apa adanya. Nafsu selalu menuntut segala sesuatu sesuai keinginannya.
Itulah 20 hal yang membedakan cinta dengan nafsu. Sikapi dengan bijak perasaan yang membuncah dalam dada. Benarkah itu cinta atau nafsu sesaat semata?

Comments

Popular posts from this blog

Lagu Move on " I'll Be Over You - TOTO

Bagaimana Sikapmu Saat Nembak Cewek, Dia Bilang "Kita Temenan Aja?"

Mengapa Ada Orang Yang Suka Gonta Ganti Pacar?