Milih Jadi Jomblo Bermartabat? Why Not?

Masih ngejomblo di usia matang?

  • Ngejomblo di usia matang itu bukan dosa, biasa aja sebenarnya. Cuma tanggapan keluarga, masyarakat dan orang di sekitarnya yang bikin jadi luar biasa. Karena jomblo di usia matang itu di luar kebiasaan. Biasanya di usia ini orang udah sibuk ngurus rumah tangga, punya keluarga kecil, menikmati romantisme perkawinan dan kelucuan anak-anak. Yang jadi luar biasa kalo dianggap jomblowers punya potensi yang begitu besar, wajah menarik, karier bagus, baik dan punya masa depan cerah kok malah jomblo. Pasti ada alasannya kenapa kok cantik-cantik jomblo, ganteng-ganteng serigala eh..jomblo?
  • Orang pada kepo, kasian dan yang lainnya sibuk nyomblangin sementara si jomblo tetap aja enjoy dengan kesendiriannya. Trus gimana nyikapin masyarakat dan orang sekitar atas kejombloanmu?


(1) Buat jadi biasa aja.
  • Mengapa harus gusar dan terusik dengan kekepoan orang lain sama statusmu? Buat jadi biasa aja. Hak orang lain buat tahu dan hak kamu juga buat lakuin apapun yang kamu suka. Kalo orang lain termasuk ortu merasa penasaran dengan sikap cuekmu, biarin aja. Kalo kamu udah jelasin alasanmu ngejomblo dan mereka tetap gak paham, tinggalin aja. Karena orang lain bakal nerima apa yang ingin di dengarnya.
  • Ortu pasti prihatin liat kamu yang gak ketemu jodoh juga. Mereka takut kamu jadi perawan atau perjaka tua. Dan itu memang tugas ortu buat khawatir. Mereka takut kamu gak ada yang urusin dan gak ada yang jagain kalo mereka udah gak ada. 
  • Bukannya kamu gak pengen nikah, kamu normal kok, cuma nikah itu bukan keputusan yang mudah dan perlu banyak pertimbangan. Seumur hidup bakal ngabisin umur dengan orang yang sama kudu ekstra hati-hati. Itu yang orang lain gak ngerti.

(2) Apapun yang terjadi anggap biasa saja.

  • Umur terus melaju, kamu tetap aja ngejomblo. Teman-temanmu udah pada nikah, malah udah ada yang cerai dan nikah lagi. Adik-adikmu udah langkahin kamu nikah duluan. Ortu udah kalang kabut dengan sikap kamu yang masih keukeuh ngejomblo.
  • Acara nikahan kamu hadiri dengan pertanyaan yang itu-itu aja, "kapan nyusul?" Kamu udah kebal dan udah tau mau ngejawab apa. Gak jauh-jauh dari, "Insya Allah, atau doain ya?". Jawaban universal para jomblower kalo ditanya kapan nikah. Kamu nganggap jomblo itu sesuatu yang biasa sementara orang lain malah geregetan dengan sikapmu.

(3) Jangan terlalu over.

  • Jangan mentang-mentang kamu masih jomblo trus tingkahmu jadi over, dandan abis-abisan, gaya pecicilan, senyum kecentilan, kelakuan yang tujuannya keliatan banget buat nyari perhatian.. Stop gaya kek gini ! Kamu bukan bikin orang tertarik sama kamu, malah orang lain jadi kabur dan kasian dengan kelakuan overmu.
  • Catat ya guys.. jomblo bukan berarti gak laku, kamu belum ketemu yang pas aja dan kamu masih dalam proses menemukannya. Proses itu butuh waktu dan kamu tetap boleh nikmatin hidupmu.


(4) Jangan terlalu dicari.
  • Mentang-mentang jomblo trus  mati-matian nawarin diri biar ada yang mau? Kamu bukan barang dan kamu mesti punya harga diri. Ngapain maksain dapat pasangan yang tujuannya hanya untuk ngerubah status? Emang kenapa dengan status jomblo?
  • Yang paling penting itu kamu bisa membuat hidupmu bermanfaat bagi diri dan orang lain terlepas dari kamu punya pasangan atau tidak. Sesuatu yang terlalu dicari kadang malah gak ditemukan atau malah nemu yang salah.

(5) Jangan terlalu menyesal.

  • Menjomblo di usia matang kamu sadari sebagai bagian dari kesalahanmu di masa lalu. Sibuk ngejar karier, angkuh, gak pengen dideketin atau ngedeketin orang yang kamu suka, gak pede gak berani nyatain perasaan dan kumpulan kesalahan yang kamu akui ngebentuk hidupmu yang sekarang.
  • Trus gimana, apa harus nyesel? Nyesel juga gak akan ngerubah status jomblomu kan? Biarkan masa lalu jadi pelajaran, yang terpenting adalah menata hidup di masa sekarang. Kalo kamu udah milih menjomblo, komit dengan keputusan itu dan enjoy sama hidupmu. Gak ada penyesalan dan gak ada keputus asaan.

(6) Jangan terlalu cemburu.
  • Cemburu pada mereka yang berpasangan? Jangan..!! Kenapa harus murka dan sebel sama mereka yang punya pasangan? Itu pilihan hidup mereka dan kalo terlihat menyenangkan, jangan disebelin, doakan agar hubungannya langgeng. Kamu cemburu pun gak bikin status jomblomu berubah kan? Cemburu hanya bikin kamu jadi sakit hati dan tambah menyesal jadi jomblo.

(7) Jangan terlalu menyayangi.
  • Kalo akhirnya kamu dekat dengan seseorang dan mulai merajut asa untuk menjadikannya pendamping terbaikmu, sayangilah dia seperlunya. Karena belum tentu impianmu sejalan dengannya. Belum tentu kalian berjodoh. Sehingga jika perpisahan harus terjadi kamu tetap bisa berdiri tegak dan gak hancur karena patah hati.
  • Bayangin aja, umur kamu semakin laju, sementara orang yang kamu harapin buat merubah status jomblomu itu malah milih ninggalin kamu, sakitnya tuh di sini.. Jadi sayangi seperlunya..

(8) Jangan terlalu takut kehilangan.

  • Kalo putus adalah satu-satunya pilihan, mengapa tidak? Gak ada aturan yang menulis kalo orang yang udah matang usianya gak boleh putus. Lagipula ngapain bertahan dalam sebuah hubungan yang gak enak dan bikin sesek. Hubungan cinta harusnya bikin bahagia dan bukan sebaliknya.
  • Gak perlu takut kehilangannya, karena itu udah resiko orang berhubungan. Jangan mau pacaran kalo gak siap putus. Daripada bertahan dalam hubungan yang gak berhasil, lebih baik melepasnya pergi. Mungkin dia akan bertemu orang lain yang cocok dan kamu pun masih punya kesempatan untuk bertemu orang yang lebih baik darinya.

(9) Berjuang untuk orang yang pantas diperjuangkan.

  • Kalo kamu udah ketemu orang yang pas buat kamu, pilihannya adalah memperjuangkannya atau merelakan dia pergi. Diperjuangkan ke siapa? Ke hatimu tentu saja, baru ke orang sekitarmu (ortu, keluarga, temen, masayarakat sekitarmu). 
  • Kamu yang udah kelamaan menjomblo pasti udah nyaman dengan kesendirian, jadi mutisin berpasangan itu kudu dipikirin baik-baik. Tapi kalo dia pantas diperjuangin kenapa tidak? Buka hati dan pikiran untuk menerima kehadiran orang lain dalam hidupmu. Dia mungkin bukan standar yang diinginkan ortu, mungkin bukan orang yang pantas buatmu menurut orang lain. Tapi kan kamu yang akan menjalaninya. Yakinkan hatimu, itu yang penting. Memang sih gak mudah tapi kamu pantas mencobanya bukan?

(10) Pergilah jika merasa diabaikan.

  • Menjalin hubungan butuh komitmen bersama. Kalo dia udah gak komit dan lebih sering ngabaikan kamu, kamu bisa milih tetap bertahan sama orang yang gak ngehargain kamu ato memilih pergi. Gak perlu cemas dengan umur. Kamu mencari orang yang terbaik dan kalo dia gak bisa memenuhi harapanmu, tinggalkan dan lanjutkan hidupmu. Kamu lah yang nentuin kebahagiaanmu sendiri.

(11) Cinta boleh fatal tapi karir harus super.

  • Gagal bercinta dan batal nikah bukan kiamat, gan. Lanjutkan hidupmu dan buat dirimu jadi bermanfaat. Tunjukkan pada dirimu bahwa kamu bisa berhasil menggapai impian dan cita-citamu meski harus mengalami pahitnya putus cinta dan akhirnya memili jomblo.
  • Karir yang berhasil adalah bukti pencapaianmu yang lain, bukti penghargaan atas kemampuanmu.

(12) Karena sukses mengundang cinta yang berkelas.

  • Kesuksesan itu bagai madu yang membuat orang lain tertarik. Siapa sih yang tak suka sama orang sukses? Kesuksesanmu bisa membuatmu jadi pilihan. Tinggal kamu yang menentukan apakah pengen terus berkarier menuju puncak atau memilih untuk berpasangan? Kalaupun kamu memilih yang kedua pastikan bahwa orang itu bisa mensupport kesuksesanmu dan menjadikan kalian berdua tim yang lebih baik dari sebelumnya.

Itulah 12 tips menjadi jomblo yang bermartabat. Kadang kamu harus berdiri sendiri karena sebagian orang yang janji akan selalu berdamai denganmu malah ninggalin Kamu.
Yang terbaik bukan lah yang datang dengan segala kelebihannya. Namun yang tetap bertahan atas segala kekurangan kita. Kalau gak ada yang sanggup ngasi itu, jomblo pun bisa jadi pilihan.

Salam..

Comments

Popular posts from this blog

Lagu Move on " I'll Be Over You - TOTO

Bagaimana Sikapmu Saat Nembak Cewek, Dia Bilang "Kita Temenan Aja?"

Mengapa Ada Orang Yang Suka Gonta Ganti Pacar?